Sabtu, 03 April 2010

Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia

Mata Kuliah : Perkembangan Mutakhir Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kode Mata Kuliah : IN705
SKS : 2 SKS
Semester : 2
Dosen : Prof. Dr. Kosadi Hidayat, M.Pd.
Prasyarat : -
TUJUAN MATA KULIH
Mata kuliah ini bertujuan agar pembelajar mampu merefleksi paradigma baru yang dijadikan landasan atau pendekatan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berdasarkan analisis dari kekurangan atau kekeliruan prkatisi pendidikan masa lampau diiringi dengan suatu pandangan jauh melihat ke depan.
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Proses Pembelajaran : tatap muka, diskusi kelas, presentasi, latihan
Tugas : laporan buku dan makalah, presentasi dan diskusi
Media : OHP, LCD/Power Point
EVALUASI
1. Penyajian dan diskusi
2. Laporan buku
3. Makalah
4. UTS
5. UAS
6. Kehadiran
7. Tugas-tugas
URAIAN POKOK BAHASAN
Pertemuan I
Pengantar dan Subtansi Mata Kuliah Perencanaan Bahasa
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. tujuan mata kuliah ini;
2. isi silabus itu sendiri guna mengakomodasi berbagai kebutuhan mahasiswa;
3. ruang lingkup silabus;
4. mekanisme perkuliahan;
5. jenis-jenis tugas yang mesti dilakukan mahasiswa;
6. mekanisme evaluasi perkuliahan; dan
7. referensi yang wajib dibaca mahasiswa berikut sumber-sumber lain sebagai pengayaan.
8. konsep dasar paradigma
9. ragam paradigma bahasa dan sastra Indonesia
10. paradigma lama pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
11. paradigma baru pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Sumber
H.A.R. Tilaar. (2000) Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Yakarta: Rineka Cipta
Tugas dan Evaluasi
1. Tugas terstruktur
Pertemuan II
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. konsep dasar paradigma
2. karakteristik paradigma
3. konsep dasar pendekatan, metode, dan strategi
4. perbedaan dan persamaan antara paradigma dan pendekatan
Sumber
Joyce, B. & Weil, M. (1980) Model of Teaching New Jersey: Prentice Hall International Inc.
Palmer, H.E. (1977) The Scientific Study and Teaching of Language
Hidayat, K. (2000) Strategi Belajar Mengajar B.I. Bandung: Bina Cipta
Tugas dan Evauasi
1. Tugas terstruktur
2. Tugas individual tentang paradigma dan pendekatan
Pertemuan III
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan pendekatan mekanis
2. pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan pendekatan mentalis
3. analisis pembelajaran berdasarkan pendekatan mekanis
4. analisis pembelajaran bahasa dan sastra berdasarkan pendekatan mentalis
Sumber
Stern, H.H. (1983). Fundamental Concepts of Language Teaching, Oxford: University Press
Tugas dan Evaluasi
1. Tugas membuat suatu model berdasarkan pendekatan mekanis/mentalis.
Pertemuann IV
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. aplikasi pendekatan empiris dan pembelajaran bahasa/sastra di setiap jenjang pendidikan (SD< SMP< SMA, dan PT)
2. analsis pembelajaran berdasarkan karakteristik masing-masing pembahasan
Sumber
Thomas Owen (1965) Transformasional Grammar and teh Teacher of English. New York: Holt Rinehart and Winston
Tugas dan Evaluasi
1. tugas terstruktur
2. latihan masing-masing kelompok untuk setiap kembaga
Pertemuan V
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. peranan bahasa dan masyarakat merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan
2. ruang lingkup sosiolinguistik dan konteks pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
3. ragam bahasa dalam pembelajaran dan sastra Indonesia
Sumber
Gumperz, J. (1964) Linguistic and Social Interaction in Two Communities
Weireich, U. (1968) Language in Contract. The Hague: Montru
Tugas dan Ealuasi
1. tugas terstruktur
2. laporan buku
Pertemuan VI
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. pembelajaran bahasa/sastra Indonesia dalam konteks sosiolinguistik
2. tindak bahasa dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
3. variasi bahasa dalam konteks pembelajaran
Sumber
Schmidt, R.W. (1983). Interaction Acculturation and the Acquisition of Communicative Competente. Rowley Mass: Newbury House
Tugas dan Evaluasi
1. Tugas uji coba latihan-latihan
Pertemuan VII
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. latar belakang kemunculan dan teori tata bahasa relasional
2. perbedaan tata bahasa relasional dengan tata bahasa transformasi
Pertemuan VIII
Ujian Tengah Semester (UTS)
Pertemuan IX
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. lima pendekatan mutakhir dalam pengajaran bahasa
2. ciri-ciri pembelajaran komunitas (community language learning)
Sumber
Soedjono, D. (1987) Linguistik: Teori dan Terapan Jakarta: Universitas Karolik Atmajaya
Tugas dan Evaluasi
1. tugas dan laporan buku CLL
Pertemuan X
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. prinsip-prinsip dasar Total Physical Respons
2. tahap-tahap penguasaan pembelajaran bahasa/sastra Indonesia melalui pendekatan TPR (Total Physical Respons)
Sumber
Soedjono, D. (1987) Linguistik: Teori dan Terapan Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya
Rommetveit, R. (1971) Word and Context and Verbal Messages Transmisión dalam E.A. Crasswell
Mackey (1984) Language Teaching Analysis
Tugas dan Evaluasi
1. Tugas uji coba pembelajaran bahasa/sastra Indonesia melalui TPR
Pertemuan XI
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. prinsip-prinsip dasar pendekatan The Natural Approach
2. tekhnik pelaksanaan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan pendekatan PNA
Sumber
Mackey (1984) Language Teaching Analysis
Rommetveit, R. (1971) Word and Context and Verbal Messages Transmisión dalam E.A. Crasswell
Soedjono, D. (1987) Linguistik: Teori dan Terapan Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya
Tugas dan Evaluasi
1. mahasiswa mengapresiasi prinsip-prinsip dasar PNA
2. diskusi
Pertemuan XII
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. konsep dasar Pendekatan The Silent Way
2. prinsip-prinsip dasar Pendekatan Silent Way
3. teknik dan strategi Pendekatan The Silent Way
Sumber
Mackey (1984) Language Teaching Analysis
Rommetveit, R. (1971) Word and Context and Verbal Messages Transmisión dalam E.A. Crasswell
Schmidt, R.W. (1983). Interaction Acculturation and the Acquisition of Communicative Competente. Rowley Mass: Newbury House
Soedjono, D. (1987) Linguistik: Teori dan Terapan Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya
Tugas dan Evaluasi
Presentasi
Pertemuan XIII
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. sejarah pertumbuhan pendekatan Sugestopedy
2. prinsip-prinsip dasar pendekatan Sugestopedy
3. strategi pembelajaran bahasa/sastra dengan pendekatan Sugestopedy
Sumber
Mackey (1984) Language Teaching Analysis
Rommetveit, R. (1971) Word and Context and Verbal Messages Transmisión dalam E.A. Crasswell
Schmidt, R.W. (1983). Interaction Acculturation and the Acquisition of Communicative Competente. Rowley Mass: Newbury House
Searlie, J. (1975) Indirect Speech Acts dalam P.Cole & J. Morgan ed. Syntax and Semantics
Soedjono, D. (1987) Linguistik: Teori dan Terapan Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya
Tugas dan Evaluasi
1. diskusi
2. praktik pembelajaran bahasa dan sastra dengan menggunakan pendekatan Sugestopedy
Pertemuan XIV
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. pendidikan dunia kerja
2. konsep pendekatan berbasis luas yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
3. tiga dimensi tujuan pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
Sumber
Depdiknas (2002) Pendidikan yang Berorientasi kepada Kecakapan Hidup (life Skill) dengan Pendekatan BBE
Joyce, B. (1989) Model of Teaching New Delhi: Prentice Hall
Tugas dan Evaluasi
1. tugas terstruktur
2. tugas individual tentang paradigma dan model pembelajaran berdasarkan pendekatan berbasis luas yang berorienasi pada kecakapan hidup (Life Skill)
Pertemuan XV
Pada pertemuan ini dikemukakan hal-hal seperti berikut:
1. konsep dasar pembelajaran berbasis kompetensi
2. karakteristik pembelajaran berbasis kompetensi
3. ragam kecakapan dan aplikasinya dalam pembelajaran bahasa/sastra Indonesia di sekolah
Sumber
KogenP. (1985) The Principalsship: Concepts Competencies and Cases. New York: Longman
Tugas dan Evaluasi
1. presentasi
2. mahasiswa menganalisis model pembelajaran berbasis kompetensi

By Herman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar