Selasa, 01 Juni 2010

Pentingnya Pendidikan Penjas pada anak SD

Suhirman
Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract. In th~ vast development of civilization there is a big space for technology to
take part. In the process, not all of the development has come to a positive influence.
One of the example is a children world, playing which pressured by the technology.
Traditional games have been replaced by new games with technology that make
children are less physically active. In the end, many physical problems for children
occu"ed. This problem has been an obstacle to have optimum growth for the child
cause by minimum movement such as overweight and obesity.
Physical education is an alternative solution to the problems occurred; Physical
education. has become a compensation to stiinulate, motivate and accommodate
children motor needs.
Kata Kuncl: Pendidikan Jasmani, Kompensasi, Gerak.
Pendahuluan
Perkembangan teknologi yang begitu pesat menuntut perubahan disegala bidang
yang terkadang tanpa kita sadari menimbulk.an permasalahan. Seperti halnya semua
yang muncul di dunia disajikan dalam sebuah tatanan dialektik, begitu pula dengan
perkembangan teknologi yang muncul. Dari sekian bentuk kemajuan yang dicapai
telah menawarkan berbagai bentuk kemudahan dan kenyamanan, namun disisi lain,
hal itu merupakansaranayang menimbulkankerugian. .
Mungkin tidak berleblhan ketika pemah suatu saat orang mengatakan bahwa
profile orang dimasa depan cenderung mempunyai kepala yang relatif lebih besar,
sedangkan badanya tidak berkembang. Bagaimana tidak? Jika saat ini, orang
cenderung lebih besar menggunakan aktifitas otak dibandingkan aktifitas fisiknya.
Dengan adanya berbagai penemuan teknologi, telah menjadikan orang dalam posisi
dimanjakan secara fisikoSaat ini orang hampir tidak perlu mengeluarkan energi yang
terlalu besar untuk mencapai tempat kerjanya, mencuci, memasak, ataupun
Jurnal Pendldlkan Jasmanllndonesia, Volume 3, No.1, 2005 45
- - __h ___ n_
II. Hamid Anwar
menyetesaikan tuntutan pekerjaannya. Segata sesuatu sudah ada mesin yang bahkan
sudah dilengkapi dengan sistem digital yang menjadikan segala sesuatunya bekerja
secara otomatis, cepat dan efisien.
Dalam perkembangannya, dunia teknologi temyata tidak hanya merambah pada
dunia kerja dan dunia orang dewasa. Lebih lanjut dan tidak bisa dihindari, temyata
perkembangan teknologi juga merambah pada dunia anak. Segala bentuk permainan
anak, saat ini temyata juga telah menjadi incaran bagi produsen teknologi sebagai
pangsa yang cukup menjanjikan.Akibatnyasegals bentuk permainan yang dikawinkan
dengan kemajuan teknologi muncul dan memenuhi ruang bermain anak. Dari
Playstation, Game Wacth, sampai dunia tontonan televisi yang dipenuhi dengan filmfilm
kartun berteknologi tinggi muncul sebagai sebuah eksistensi tersendiri dalam
dunia anak. Sayangnya, segala bentuk permainan maupun hiburan yang dimunculkan,
sebagian besar hanya menjadikan anak cenderung pasif secara fisiko
Bagi anak sendiri, dari segi kognitifini merupak.an suatu hat yang positif. Secara
intelektual mereka bisa dikatakan menjadi generasi yang lebih cerdas dan cepat
tanggap dengan perkembangan teknologi. Namun disisi yang lain, perkembangan
yang hanya mengacu pada satu ranah domain saja, tanpa adanya pengimbangan
dari domain yang lain menjadikan ketidak harmonisan dari perkembangan anak itu
sendiri. Menurut pendapat para ahli akhir-akhir ini, yang lebih berperan besar dalam
masa depan anak nantinya adalah faktor emosinal anak, bukan semata intelektual
dari anak.
Tidak sekedar itu, dari beberapa data yang dihimpun menyatakan bahwa kita saat
ini mendapati fenomena permasalahan yang terbalik dibandingkan zaman dahulu.
Dulu mungkin kita disibukkan dengan permasalahan anak seputar kekurangan gizi,
kurang vitamin, dan sebagainya. Lain halnya dengan sekarang. .Satu dari tiga anak di
Perkotaan cenderung obesitas.. Melihatgejalanya saat ini, masalah kegemukan pada
anak cenderung meningkat. Menurut Survei Departemen .Kesehatan (1989: 1),
sebanyak 0,77% anak mengalami obesitas. Pada 1992 meningkat menjadi 1,26%
dan 4,58% pada 1999. Penelitian yang dilakukan pada 917 muridSD swasta faforitdi
Jakarta Selatan menunjukkan 20,9% anak-anak obesitas. Penelitian juga dilakukan
di Semarang menunjukkan dari 1.730 anak SD, angka kejadian obesitas 12,1% dan
berat badan lebih sebesar 9,1%. Dari penelitian tersebut bisa disimpulkan satu dari
3 anak sekarang ini mengalami obesitas. Semuanya terkait antara pemberian makan
yang salah, aktivitas fisik kurang dan malas bergerak.
Asupan zat gizi yang relatif berlebih tanpa diimbangi dengan aktiftas yang sesuai
guna membakar cadangan kalori, telah menjadikan penumpukan sumber energi
yang pada akhimya menjadikan anak cenderung kegemuk~mlobesitas. Lebih jauh
Elliot dan Sanders (2005:1) mengemukakan bahwa, kebanyakan anak-anak yang
pergi ke sekolah dengan naik kendaraan, terlalu banyak nonton TV, lebih banyak
bermain di depan komputer, dan tidak mempunyai banyak kesempatan untuk bermain
di luar, hanya akan mengalami sedikit pendidikan jasmani. Akibatnya anak menjadi
kurang aktif secara jasmani, cenderung kelebihan berat badan dan kegemukanl
46 Jumal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3, No.1, 2005
Pendldlkan Jasmanl Sekolah Dasar Sebagal
Wahana Kompensasl Gerak Anak
obesitas. Dan kita tahu bahwasanya obesitas merupakan kondisi yang kurang baik
dalam fase perkembangan selain juga menjadikan anak re1atiflebih rentan terhadap
penyakit. .
Pertanyaan yang mucul kemudian adalah, bagaimana langkah selanjutnya untuk
mengatasi permasalahan ini, bahwa selain aktifitas anak yang sudah cenderung
dipasifkan secara fisik oleh bentuk-bentuk permainan yang ada, sebagian besar
waktunya lagi telah dihabiskan di sekolah? Mampukah sekolah dengan segala muatan
yang ada di dalamnya membuat sebuah tawaran solusi terhadap permasalahan
yang muncul diatas? Seandainya pertanyaan mau lebih dipersempit dan di fokuskan
lagi maka akan berbunyi, "Apakah Pendidikan Jasmani dalam Sekolah Dasar mampu
menanggulangi permasalahan anak sa at ini yang pada intinya disebabkan karena
kekurangan gerak?".
Anak dan Aktifitas Bermain
Dalam sebuah iklan di televisi disebutkan bahwa "Dalam diri setiap orang terdapat
jiwa kekanak-kanakan". Disana ditampilkan beberapa orang dewasa sedang
melakukan aktifitas bermain. Mengapa mereka tidak secara langsung mMunjuk
bahwa dalam diri seseorang terdapat jiwa bermain? Mereka menggunakan simbol
anak-anak sebagai wakildari aktifitas bermain. Memang secara umum bisa dik.atakan
bahwa aktifitas bermain dominan dilakukan oleh anak-anak.
Bermain merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperbleh
kesenangan, tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Ada orang tua yang berpendapat
bahwa anak yang terlalu banyak bermain akan membuat anak menjadi malas bekerja
dan b()doh. PEmdapat ini kurang begitu tepat dan bijaksana, karena beberapa ahli
psikologi mengatakan bahwa permainan sangat besar pengaruhnya terhadap
perkembangan jiwaanak. Disamping itu, selain beguna bagi perkembangan jiwa
anak, permainan yang dilakukan seorang anak juga sebagai sarana pengembangan
fisik yang meliputi penguatan otot, peningkatan kecepatan, melatih reaksi dan
koordinasi, serta membakar kalori yang relatif berlebih, sehingga resiko seorang
anak untuk terkena obesitas akan dapat dihindari. Lebih lanjut ditegaskan dari
pendapat beberapa ahli dalam Temu IImiahTumbuh Kembang Jiwa Anak dan Remaja
(2003:1), bahwa aktifitas bermain bagi an~k mempunyai beberapa fungsi dan dan
pengaruh, diantaranya adalah; bermain mempEmgaruhi perkembangan fisik anak,
bermain dapat digunakan sebagai terapi, bermain dapat mempengaruhi dan
menambah pengetahuan anak, bermain mempengaruhi perkembangan kreativitas
anak, bermain dapat mengembangkan tingkah laku sosial anak, dan bermain dapat
mempengaruhinilaimoralanak .
Terkadang orang tua tidak begitu memahami dengan makna bermain bagi seorang
anak. Merekaselalu menginginkananaknyauntukaktifbelajarsupaya menjadianak
yang pintar. Merekatidak tahu, bahwa sesungguhnya aktifitas bermain juga merupakan
sarana pembelajaran bagi seorang anak. Seperti yang diungkapkan oleh Mayke dan
Tedjasaputra (2003: 38-49) bahwa, lewat aktifitas bermain akan bermanf~at bagi
Jurnal Pendidikali Jasmani Indonesia, Volume 3, No.1, 2005 47
-- - --
___' '.."_n. .h_~.. h n_ _._
M. Hamid Anwar
anak dalam rerkemban~anaspek fisik,motorikkasardanhalus,aspeksosial,aspek
emosi ataupun kepribadian, maupun aspek kognisinya.
Walaupun semua bentuk permainan yang ada tidak semua mempunyai nilai
yang mendukung proses tumbuh kembang anak. Kita.harus selektif untuk bisa melihat
permainan seperti apa yang bermanfaat bagi ahak. Adapun ciri permainan yang
bermanfaat bagi perkembangan anak menurut Djoko Pekik Irianto (2005: 85) antara
lain; (1) Move, artinya dalam permainan harus ada gerakan yang dilakukan secara
kontinyu dan ritmis,seperti gerak berjalan, berlari, merangkak,dsb. Gerak tersebut
akan meningkatkan daya tahan jantung paru dan memperbaiki komposisi tubuh, (2)
Lift,artinya dalam permainan tersebut harus adaunsur gerak melawan beban. Gerakan
tersebut akanmelatih kekuatan dan daya tahan otot; dan 3) Stretch, artinya dalam
permainan tersebut harus mengandung unsur gerak meregang persendian termasul<
mengulur otot. Gerak tersebut akan melatih fleksibilitas persendian da~ otot.
Selain karakteristik tersebut perlu juga memp~rtimbangkan bahwa permainan
tersebut haruslah mendatangkan kesenangan (vareatit), kompetitif(membangkitkan
semangat bertanding), meningkatkan kemampuan kognisi (taktiklstrategi), serta
bermakna sosial (berkelompok) dan aman bagi anak.
Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar
DalamkurikulumPendidikan Jasmani di Sekolah Dasar 2004 (2003: 1-2)
disebutkan bahwa, Pendidikan Jasmani merupakan proses pendidikan yang
memanfaatkanaktivitasjasmanidan direncanakansecara sistematikbertujuanuntuk
meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, sosial
dan emosional.Lebih jauh ditegaskan bahwa, Pendidikan Jasmani merupakan bagian
integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan, yang memfokuskan
pengembanQan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir
kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui
aktivitas jasmani.
Di dalam intensifikasi penyelenggaraan pendidikan sebagai suatu proses
pembinaan rnanusia yang berlangsung seumur hidup, peranan Pendidikan Jasmani
adalah sangat penting, yakni memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat
langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani yang dilakukan
secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina,
sekaligus membentuk gaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat. Tidak ada
pendidikan yang tidak mempunyai sasaran pedagogis, dan tidak ada pendidikan
yang lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, karena gerak sebagai aktivitas
jasmani adalah dasar bagi manusiauntuk mengenaldunia dan dirinyasendiriyang
secara alamiah berkembang searah dengan perkembanganzaman. Pendidikan
Jasmani merupakan media .untuk mendorong perkembangan keterampilan motorik,
kemampuanfisik, pengetahuandan penalaran,penghayatan nilai-nilai(sikap, mental,
emosional, spiritual, sosial), serta pembiasaanpola hidup sehat yang bermuara
untuk merangsangpertumbuhandan perkembanganyang seimbang.
48 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3, No.1, 2005
Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Sebagai
Wahana Kompensasi Gerak Anak
Pendidikan Jasmani dalam Masyarakat
Sampai saat ini rata-rata orang menganggap bahwa Pendidikan Jasmani adalah
mata pelajaran yang tidak begitu penting dalam sistem pendidikan. Sebagian besar
orang tua akan menganggap bahwa disiplin ilmu yang lain utamanya eksak (Fisika,
Matematika, Biologi,Kimia)merupakan disiplinilmuyang lebih penting dan menjamin
masa depan anak-anak mereka. Bukan hal yang begitu saja harus disalahkan apa
yang menjadi pendapat mereka. Asumsi ini didukung dengan struktur budaya
masyarakat yang pada kenyataannya belum begitu menganggap penting arti kata
sehat. Mungkindalam hal inipenulis bisa dikatakan telah melakukanjustifikasi, karena
tidak didukung dengan sebuah referensi yang berupa hasil tulisan ahli maupun bentuk
penelitian. Secara sederhana namun cukup valid dapat kita simpulkan dengan jelas
dan nyata, bahwa kebiasaan masyarakat; sangat sedikit yang bisa dikatakan
mengarah pada perilaku hidup sehat. Kebiasaan merokok pada sebagian besar
masyarakat, rendahnya tingkat aktifitas olahraga yang dilakukan, serta pola makan
yang tidak begitu inemperhatikan kaidah kesehatan, dan masih banyak lagi. Selain
itu, sampai s~at ini aktifitas olahraga di negara kita belum begitu menjanjikan untuk
diterjuni secara serius sebagai sebuah profesi. Hal ini pulalah yang akhirnya turut
mendukung terciptanya asumsi dalam masyarakat yang menyatakan bahwa
pendidikan jasmani di sekolahpun tidak begitu penting.
Akibatyang lebih jauh, bahwa dalam pola kehidupan sehari-hari, termasuk dalam
tat3 cara mengasuh anak, orang tua menjadi cenderung protektif terhadap aktifitas
anak yang mengarahpada aktifitaspermainanfisikoMerekatidak~emahami bahwa
justru denganaktifitaspermainanfisik yang dilakukanseorang anak itu mempunyai
pengaruhyang positif terhadap tingkat perkembangannya.Karena tuntutan mode
dan perkembanganzaman, mere!anaknyaberupaGameWacth,Play Station, Tamiya,maupunkomputeryang pada
akhirnyamemangkasruang aktifitasfisikanak.
Pendidikan Jasmani sebagai Wahana Bermain Anak
Kalau kita menengok materi yang termuat dalam kurikulum Pendidikan jasmani di
sekolah dasar, kiranya kita bisa sedikit untuk bernafas lega. Beberapa permasalahan
yang terungkap baik tersurat maupun tersirat di atas minimal akan bisa diminimalisir
dengan melibatkan anak secara optimal dalam proses pembelajaran Pendidikan
Jasmani. Nai11unpertanyaan yang akan segera muncul kemudian adalah,"Apakah
Pendidikan Jasmani sudah bisa diterapkan dalam realitas dengan optimal, sehingga
tidak hanya merupakan sekedar konsep?".
Pendidikan Jasmani sekolah dasar dalam kurikulum 2004 (2003: 4) mempunyai
fungsi: Aspek organik; (1) Untuk menjadikan fungsi sistem tubuh menjadi lebih baik
sehingga individu dapat memenuhi tuntutan lingkungannya secara memadai serta
memiliki landasan untuk pengembangan keterampilan, (2) Meningkatkan kekuatan
otot, yaitu jumlah tenaga maksimum yang dikeluarkan oleh otot atau kelompok otot,
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3, No.1, 2005 49
M. Hamid Anwar
(3) Meningkatkan daya tahan otot, yaitu kemamapuan otot atau kelompok otot untuk
menahan kerja dalam waktu yang lama, (4) Meningkatkan daya tahan kardiofaskuler,
kapasitas individu untuk melakukan aktivitas secara terus menerus dalam waktu
relatif lama, (5) Meningkatkan fleksibelitas, yaitu; rentang gerak dalam persendian
yang diperlukan untuk menghasilkan gerakan yang efisien dan mengurangi cidera
Aspek Neuromuskuler, (1) Meningkatkan keharmonisan antara fungsi saraf dan
otot, (2) Mengembangkan keterampilan lokomotor, seperti; berjalan, berlari, melompat,
meloncat, meluncur, melangkah, mendorong, menderapl mencongklang, bergulir,
menarik, (3) Mengembangkan keterampilan non-Iokomotor, seperti; mengayun,
melengok, meliuk, bergoyang, meregang, menekuk, menggantung, membongkok,
(4) Mengembangkan keterampilan dasar manipulatif, seperti; memukul, menendang,
menangkap, memberhentikan, melempar, mengubah arah, memantulkan, bergulir,
memvoli, (5) Mengembangkan faktor-faktor gerak, seperti; ketepatan, irama, rasa
gerak, power, waktu reaksi, kelincahan, (6) Mengembangkan keterampilan olahraga,
seperti; sepak bola, softball, bola voli, bola basket, baseball, kasti, rounders, atletik,
tennis, tennis meja, beladiri dan lain sebagainya, (7) Mengembangkan keterampilan
rekreasi, seperti, menjelajah, mendaki, berkemah, berenang dan lainnnya.
Aspek Perseptual; (1) Mengembangkan kemampuan menerima dan membedakan
isyarat, (2) Mengembangkan hubungan-hubungan yang berkaitan dengan tempat
atau ruang, yaitu kemampuan mengenali objek yang berada di depan, belakang,
bawah, sebelah kanan, atau di sebelah kiri dari dirinya, (3) Mengembangkan koordinasi
gerak visual, yaitu; kemampuan mengkoordinasikan pandangan dengan keterampilan
gerak yang melibatkan tangan, tubuh,. dan atau kaki, (4) Mengembangkan
keseimbangan tubuh (statis dan dinamis), yaitu; kemampuan mempertahankan
keseimbangan statis dan dinam!s, (5) Mengembangkan dominansi (dominancy),
yaitu; konsistensi dalam menggunakan tangan atau kaki kananlkiri dalam melempar
atau menendang, (6) Mengembangkan lateralitas (/aterility), yaitu; kemampuan
membedakan antara sisi kanan atau sisi kiri tubuh dan diantara bagian dalam kanan
atau kiri tubuhnya sendiri.
Aspek Kognitif; (1) Mengembangkan kemampuan menemukan sesuatu,
memahami, memperoleh pengetahuan dan mengambil keputusan. (2) Meningkatkan
. pengetahuan tentang peraturan permainan, keselamatan, dan etika, (3) Mengembangkan
kemampuan penggunaan tak.tik dan strategi dalam aktivitas yang
terorganisasi, (4) Meningkatkan pengetahuan bagaimana fungsi tubuh dan
hubungannya dengan aktivitas jasmani, (5) Menghargai kinerja tubuh; penggunaan
pertimbangan yang berhubungan dengan jarak, waktu, tempat, bentuk, kecepatan,
dan arah yang digunakan dalam mengimplementasikan aktivitas dan dirinya.
Aspek Sosial; (1) Menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungan dimana
berada, (2) Mengembangkan kemampuan membuat pertimbangan dan keputusan
dalam kelompok, (3) Belajar berkomunikasi dengan orang lain, (4) Mengembangkan
kemampuan bertukar pikiran dan mengevaluasi ide dalam kelompok, (5) Mengembangkan
kepribadian, sikap, dan nilai agar dapat berfungsi sebagai anggota
50 Jumal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3, No.1, 2005
Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Sebagai
Wahana Kompensasi Gerak Anak
masyarakat, (6) Mengembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab di masyarakat.
7) Mengembangkan sifat-sifat kepribadian yang positif, (8) Menggunakan waktu luang
dengan kegiatan yang bermanfaat, (9) Mengembangkan sikap yang mencerminkan
karakter moral yang baik.
Aspek Emosiona/; (1) Mengembangkan respon positif terhadap aktivitas jasmani,
(2) Mengembangkan reaksi yang positif sebagai penonton, (3) Melepas ketegangan
melalui aktivitas fisik yang tepat, (4) Memberikan saluran untuk mengekspresikan diri
dan kreativitas.
Oari sekian banyak fungsi Pendidikan Jasmani yang luar biasa yang sudah
dituangkan dalam kurikulum, kiranya hanya akan menjadi barang mentah yang tidak
berarti jika tidak diturunkan dalam dataran praksis. Lantas siapa yang bertanggung
jawab dengan itu? Tidak lain dan tidak bukan adalah figur seorang guru Pendidikan
Jasmani. Karena dalam pembelajaran di tingkat sekolah dasar, murid relatif akan
cenderung menuntut diarahkan. Sangat kecil kemungkinan inisiatif yang muncul dari
murid. Oisinilah peran guru pendidikan jasmani sangat diperlukan dalam mengkondisikan-
suasana kelas sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan
optimal.
lebih jelas ditegaskan oleh IIfandra (2002: 1), bahwa guru merupakan figur penting
dalam pelaksanaan bimbingan di SO. Oleh karena itu, pembelajaran yang bernuansa
bimbingan akan terwujud, syaratnya antara lain guru tersebut dapat memerankan
peran gandasebagai pengajar, pembimbing, dan pelatih. Guru itu hendaknya mampu
memberikan perhatian baik yang bersifat individual maupun kelompok. Guru juga
harus mampu mengembangkan semua dimensi perkembangan anak, dan menjaga
komunikasi dengan orang tua anak.
Namun pada kenyataannya sangat disayangkan, bahwa peran dari guru pendidikan
jasmani sebagian besar belum bisa optimal. Seperti yang dikatakan Crum (2003)
yang dikutip Caly Setiawan (2004:3), bahwa komunitas pendidikan jasmani tidak
secara nyata menerima dan memberikan prioritas dalam kosmologi nilai profesionalitasnya
untuk proposisi bahwa fungsi utama seorang guru pendidikan jasmani
adalah untuk membantu siswa belajar. Banyak guru pendidikan jasmani yang tidak
terlalu berkomitmen dan terdorong untuk "mengajar" sebagai sesuatu yang essensial
dari usaha pendidikan jasmani.
Mengingat betapa pentingnya Pendidikan Jasmani di sekolah dasar dalam
mendukung tumbuh kembang anak, ditambah dengan keadaan sekarang dimana
perkembangan teknologi telah mendukung kondisi anak untu~ tersudut pada keadaan
yang cenderung pasif secara fisik, kiranya perlu usaha guna optimalisasi proses
pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Oasar yang pada akhirnyadiharapkan
bisa digunakan sebagai wahana kompensasi gerak anak. Kompensasi dalam hal ini
mengacu padapengertian, pencarian kepuasan disatu bidang untuk mendapatkan
keseimbangan dari kekecewaan dibidang lain (Tim Prima Pena, 1999: 379). Adapun
kekecewaan yang dimaksudkan dalam tulisan kali ini adalah terpangkasnya ruang
aktifitas bermain anak secara disadari maupun tidak, yang pada akhirnya
Jurnal Pendidlkan Jasmani Indonesia, Volume 3, No.1, 2005 51
---
- -- -----
M. Hamid Anwar
menimbulkan dampak yang kurang baik dalam perkembangan anak. Perlu adanya
penyadaran bersama terhadap semua komponen yang berkompeten dalam proses
pembelajaran Pendidikan Jasmani-pada utamanya guru. Pendidikan Jasmani
bukanlah hal yang remeh temeh dan mata pelajaran minor yang kurang bermanfaat.
Pendidikan Jasmani di sekolah dasar harus mampu hadir dalam sajian yang menarik,
sehingga mampu merangsang anak untuk terlibat secara aktif dalam aktifitas gerak
yang terangkum dalam proses pembelajaran.
Kesimpulan
Dariperkembangan peradaban yang memunculkan berbagai macam bentuk
teknologi yang bertujuan meningkatkan derajat kehidupan manusia, temyata disisi
yang lain telah menimbulkan kerugian. Seperti. yang sudah dijabarkan dalam tulisan
di atas, bahwa di dunia bermain anak yang pada awalnya banyak melibatkan aktifitas
fisikoyang menunjang perkembangannya, akibat berbagai teknologi dimunculkan
termasuk dalam dunia bermain anak, menjadikannya cenderung disudutkan dalam
posisi pasif sec~ra fisiko Hal inipada tahap selanjutnya telah menimbulkan
permasalahan pada perkembangan anak pada umumya. Anak-anak cenderung
menjadi kelebihan berat badan, obesitas, serta rentan terhadap penyakit-penyakit
akibat kekurangangerak. .
Pendidikan Jasmani di sekolah dasar saat ini mempunyai peranan yang lebih
serius guna mengeliminir permasalahan di atas. Pendidikan Jasmani harus menjadi
wahana yang kondusif, merangsang, memacu, serta mengakomodir hasrat gerak
anak. Untuk itu, proses pembelajaran pendidikan jasmani harus diusahakan
seoptimal mungkin dengan didukung semua komponen di dalamnya, utamanya guru
pendidikan jasmanL
Daftar Pustaka
Caly Setiawan.(2004). Krisis Identitas dan Legitimasi dalam Pendidikan Jasmani.
Jumal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol.1, No.1. Yogyakarta: Fakultas IImu
Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Crum, Bart. (2003). Toteach or not to be, that is question; reflections on the identity
crisis an the future of physical education. Makalah disampaikan dalam seminar
pendidikan jasmani, 15 September di Yogyakarta.
Dediknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pe/ajaran Pendidikan
Jasmani Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta : Departemen
Pendidikan Nasional.
DjokoPekik Irianto.(2005).BermainSebagai Upaya DiniMeletakkan Dasar Kebugaran
Bagi Anak. Jumal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol.2, NO.1. Yogyakarta: Fakultas
IImu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Depkes RI. (2005). Kesehatan Masyarakat. Departemen Kesehatan Republik
Indonesia. available at: http://www.depkes.go.id/index.php?option=news&task=
52 Jumal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3, No.1, 2005
Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Sebagai
Wahana Kompensasi Gerak Anak
viewarticle&sid=750<emid=2
Elliott, Eloise & Sanders, Steve.(2005). Keep Children Moving: Promoting Physical
Actifity Throughout the Curiculum.Availableat: http://www.pbs.org/teachersource/
prek2/issues.shm.
Ilfiandra. (2002). Guru Jangan hanya Konsentrasi pada Pengembangan Kognitif.
Bandung : Harian Pikiran Rakyat.
Temu IImiahTumbuh Kembang Jiwa Anak dan Remaja.(2003). Pengaruh Permainan
pada Perkembangan Anak. Senin, 22 Desember 2003 available online at http/!:
www.iqeq.web.id
Tedjasaputra, MaykeS. (2003). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Gramedia.
Tim Prima Pena. (1999). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Gita Media
Pers.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3, No.1, 2005 53
-- - ---
54
1 ----
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar