Selasa, 27 April 2010

Karya Ilmiah ku

Facebook untuk Desa

Latar Belakang
Kalau kita baca tentang sejarah facebook, Facebook dibuat oleh salah seorang mahasiswa Harvard. Tujuan pertama dibuat facebook saat itu adalah sebagai media tukar informasi dan perkenalan mahasiswa Harvard itu sendiri.
Saat ini facebook sudah menjadi website pertemanan umum, artinya setiap orang di seluruh dunia bisa menjadi member facebook asalkan sudah memenuhi persayaratan. Saat ini facebook sudah menempati daftar web paling banyak di kunjungi di seluruh dunia, pengunjung facebook melebihi blogger, maupun wordpress. Menurut ranking alexa yang memberikan traffic rank berdasarkan jumlah pengunjung dan unique ip facebook menduduki ranking 5. Sementara saat tulisan ini dibuat Google menempati ranking 1 sementara Yahoo! Ranking 2.
Facebook mudah di gunakan, baik tua, muda, wanita maupun pria,sudah mengenal bahkan menggunakan Facebook sebagai media komunikasi mereka, Bahkan sekarang dapat di gunakan lewat Hp,yang hampir setiap orang sudah memiliki Hp, karena tahun 2010 ini diperkirakan pengguna Facebook akan meningkat tajam.

Permasalahan yang muncul
Bayak yang mengira, kehadiran Facebook banyak mengadung sisi negatifnya,daripada sisi positifnya, padahal jika kita gunakan untuk kemajuan suatu organisasi,yang menyangkut hajat orang banyak sangat bermanfaat.
Dengan kemajuan oranisasi segala persoalan tentang ekonomi,sosial politik,akan dapat di minimalisir. Persepsi masyarakat luas tentang Facebook,memunculkan ide saya, untuk menggunakan fasilitas Facebook untuk kemajuan sebuah Desa sebagai wahana komunikasi yang cepat, mudah,dan murah. Bayangkan saja untuk konsultasi tentang permasalahan dan mencari informasi tentang perkembangan desa dia harus mngunjungi tokoh masyarakat,atau datang ke tempat lurah, padahal untuk pergi ke lurah atau tokoh masyarakat tersebut harus ada perjanjin atau biaya transportasi.

Solusi
Utuk mengatasi hal diatas dengan adanya media facebook, suatu permasalahan yang menyangkut permasalahan desa dapat di minimalisir secepatnya, yaitu dengan aplikasi-aplikasi penyedia layanan masyarakat yang dapat di akses melalui facebook,di harapkan Penerapan Facebook untuk memperlancar organisasi yang akan berdampak terhadap perkembangan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan mudah dan murah.
Contoh dari Facebook ini adalah: seorang warga ingin mengetahui keadaan desanya sekarang. lalu warga tersebut membuka alamat Facebook Desa tersebut. Facebook ini akan memberikan beberapa informasi mengenai berbagai persoalan yang menyangkut keadaan Desa tersebut.sehingga ia tidak perlu pergi kerumah pak lurah atau tokoh masyarakat dan akan menghemat biaya dan waktu.



Rencana Implementasi & Teknologi Pendukung
 
1.Mulailah dari pak lurah, pak lurah sekarang mulailah mempunyai alamat facebook.
2.Sosialisasikan kepada masyarakat terutama pada generasi muda tantang arti dan penggunaan Facebook
2.Buat sebuah alamat Facebok suatu Desa disertai pemanfaatan Aplikasi Facebook seperti;
a.Aplikasi Acara di gunakan untuk,membuat suatu acara Desa.baik acara kegiatan kepemudaan maupun acara yang sifat nya pribadi contoh arisan, kerjs bakti, rapat dll,yang menyangkut kepentingan Desa.
b.Aplikasi Hadiah dapat digunakan untuk membuat acara penghargaan, suatu acara keluarga yang sedang mengadakan hajatan atau ulang tahun dan sebagaintya.
c.Aplikasi Grup dapat di gunakan untuk membuat sejenis organisasi Desa seperti contoh,,organisasi olah raga, AREMA, organisasi pemuda IPPK(Ikatan Pemuda Pemudi Desa Kajoran), Ikatan Organisasi Islam IREMA(Ikatan Remaja Masjid) dll.
d.Aplikasi Tautan dapat di gunakan untuk membuat suatu ide yng menyangkut aspek ekonomi,lowongan kerja,atau tautan lain yang sifatnya menyangkut kemajuan suatu Desa.
e.Aplikasi Catatan dapat digunakan untuk membuat motifasi,Visi Misi suatu Desa dll yang di gunakan untuk kepentingan suatu Desa.
F.Aplikasi Koleksi Foto dapat di gunakan untuk Foto kegiatan,peta Desa, foto acara terbaru dll
g.Aplikasi Vidio,,di gunakan untuk suatu acara yng sifatnya perlu di contoh masyarakat, contohnya vidio cara membuat tempe, vidio Perayaan 17 Agustus,yang sifatnya dapat di contoh masyarakat.
h.Aplikasi Lain dapat pula membuat suatu Blog untuk dapat di mamanfaatkan suatu desa,contoh Petani, Pedagang, hasil tanaman,Harga tanaman dll,Blog ini di buat khsusus yang menyangkut permasalahan di Desa.
3.Alamat Facebook tersebut di buat oleh Desa yang sifat nya umum,jadi terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi teman,tinggal di Add, dan menerima kritikan yang sifatnya membangun.

Benefit
1.Facebook sebagai media komunikasi, yaitu penghubung antara warga dengan lurah,dan terbuka juga untuk umum, hal ini sangat membantu kelancaran komunikasi yang lebih cepat dan murah,
2.Cara menggunakan sebuah Facebook ini lebih menyangkut untuk kemajuan organisasi tapi akan berdampak pada kemajuan suatu desa,,dan menjadi proyek percontohan menjadi desa maju, akibat adanya kemajuan teknologi media Facebook.
3.Media Facebook ini bersifat umum dapat juga sebagai media mengkrikit atau pemberian saran yang sifat nya untuk saling koreksi antara masyarakat dengan Lurah, atau terbuka untuk menerima kritikan dari luar daerah.
4.Dengan majunya suatu organisasi dalam sebuah desa, maka akan berdampak pada kemudahan untuk mengkoordinir masyarakat dan akan mudah mengakses informasi yang sifat nya penting dan mendesak, facebook ini dapat di buka lewat komputer maupun Hp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar