Senin, 19 Juli 2010

Pengembangan Konsep Dasar IPS

Pengembangan Strategi Pengajaran Konsep Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah
Dasar
Contributed by Dra. Hj. Entang Kartika, M.Pd dan Dra. Tuti Istianti, M.Pd
Penelitian berjudul ”Pengembangan Strategi Pengajaran Konsep dalam

Pembelajaran

IPS di SD", yang dilaksanakan pada kelas 5 SD Negeri Cibiru X Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung,
dimaksudkan untuk memperoleh pengalaman empirik dalam mengembangkan dan menerapkan srategi pembelajaran
IPS di SD melalui pengajaran konsep.
Penelitian dilakukan secara kolaborasi antara peneliti sebagai tenaga edukatif akademik di ingkungan

PGSD dengan guru kelas sehingga sebagai praktisi tenaga kependidikan dasar di lapangan dapat

meningkatkan proses hasil pembelajaran IPS di SD.sasaran lanjut pelaksanaan kolaborasi studi ini diharapkan dapat
membantu mengatasi kesulitan dan hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan tugasnya.



Dari proses pelaksanaan, diproleh hasil bahwa :

guru kelas 5 SD Negeri Cibiru X telah megetahui model pengajaran konsep sebagai pengetahuaan teoritik, tetapi tidak
pernah menerapkan karena memandang lebih sukar disbanding pola mengajar yang telah biasa dilakukannya.

Guru kelas 5 SD Cibiru x bersikap terbuka dan menunujukan keinginan yang besar untuk mengembangkan
kemampuan dalam mengalola pembelajaran IPS sehingga proses kolaborasi ini berhasil dilaksanakan da mencapai

sasaran.



Prosedur Pengembangkan

program penelitian tindakan

kelas ini dirancang pada setiap siklusnya terdiri dari lima tahap, yakni “

orentasi perencanaan,

tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun hasil konkritnya dapat dilihat dari siklus pelaksanaan, mulai dari tindakan

I hingga 4. Pada tindakan pertama dan kedua,

pembelajaran kurang efektif, seperti kurangnya kemampuan guru dalam penguasaan bahan pelajaran, penguasaan
strategi pembelajaran konsep termasuk didalamnya kemampuan mengorganisasikan bahan pelajaran IPS. Pada
tindakan ke tiga

dan keempat terdapat perubahan drastis dan peningkatan setelah tim peneliti guru kelas mengadakan peninjauan
kembali terhadap rencana pembelajaran berikut kegiatan pembelajarannya.



Dalam implimentasi pembelajaran guru sebagai praktisi melaksanakan kegiatan, yaitu dengan cara menggunakan

strategi pengajaran konsep untuk membantu kelancaran pada setiap tindakan

pembelajaran, peneliti melakukan pengamatan secara langsung terhadap proses pada pembelajaran. Dari setiap
pengamatan selanjutnya dilakukan refleksi dan analisa setiap tindakan untuk kemudian melakukan perbaikan-perbaikan



Pelaksanan penelitian tindakan kelas ini, telah menghasilkan

perubahan-perubahan positif

dan peningkatan yang mencakup perubahan sikap belajar dan hasil pembelajaran

IPS. Adapun perubahan-perubahan

yang terjadi itu meliputi :

(1) Guru kelas dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan strategi pengajaran konsep IPS, (2)
Strategi pembelajaran konsep dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan motivasi siswa dalam pembelajaran

IPS. (3) Minat belajar

IPS tinggi, (4) Hasil belajar

IPs Mmeningkat .

Hasil

penelitian tindakan ini, direkomendasikan kepada pihak terkait untuk mengembangkan model pengajaran konsep
sebagai salah satu jalan

keluar dari persoalan rendahnya mutu dan hasil

pembelajaran IPS, khususnya

di sekolah dasar. (http://kd-cibiru.upi.edu)



PENGEMABANGAB STRATEGI PENGANJARAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD

Penelitian ini berjudul ” pengembangan strategi pengajaran konsep dalam
Pembelajaran IPS di SD, dilaksanakan pada kelas 5 SD Negeri Cibiru X Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dimaksudkan untuk memperoleh pengalaman empiric dalam mengembangkan dan menerapkan srategi pembelajaran IPS di SD melalui pengajaran konsep. Penelitian dilakukan saecara kolaborasi antara peneliti sebagai tenaga edukatif akademik di ingkungan PGSD dengan guru kelas sehingga sebagai praktisi tenaga kependidikan dasar di lapangan dapat meningkatkan proses hasil pembelajaran IPS di SD.sasaran lanjut pelaksanaan kolaborasi studi ini diharapkan dapat membantu mengatasi kesulitan dan hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan tugasnya.

Dari proses pelaksanaan, diproleh hasil bahwa : guru kelas 5 SD Negeri Cibiru x telah megetahui model pengajaran konsep sebagai pengetahuaan teoritik, tetapi tidak pernah menerapkan karena memandang lebih sukar disbanding pola mengajar yang telah biasa dilakukannya. Guru kelas 5 SD Cibiru x bersikap terbuka dan menunujukan keinginan yang besar untuk mengembangkan kemampuan dalam mengalola pembelajaran IPS sehingga proses kolaborasi ini berhasil dilaksanakan da mencapai sasaran.

Prosedur Pengembangkan program peneletian tindakan kelas ini, dirancang pada setiap siklusnay terdiri dari lima tahap, yakni “ orentasi perencanaan, tindakan. Observasi, dan repleksi. Adapun hasil kongritnaya dapat dilihat dari siklus pelaksanaan, mulai dari tindakan I hingga 4 antara lain : pada tindakan pertama dan kedua, pembelajaran kurang efektif,seperti kurang kemampuan guru dalam penguasaan bahan pelajaran, penguasaan strategi pembelajaran konsep termasuk didalamnya kemampuan mengorganisasikan bahan pelajaran IPS pada tindakan ke tiga dan keempat terdapat perubahan derastis dan peningkatan setelah tim peneliti guru kelas mengadakan peninjauan kembali terhadap rencana pembelajaran berikut kegiatan pembelajarannya.

Dalam implimentasi pembelajaran guru sebagai praktisi melaksanakan kegiatan, yaitu dengan cara menggunakan srategi pengajaran konsep untuk membantu kelancaran pada setiap tindakan pembelajaran, peneliti melakukan pengamatan secara langsung terhadap proses pada pembelajaran. Dari setiap pengamatan selanjutnya dilakukan refleksi dan analisis setiap tindakan untuk kemudian melakuakan perbaikan-perbaikan

Pelaksanan penelitian tindakan kelas ini, telah menghasilkan perubahan-perubahan positf dan peningkatan yang mencakup perubahan sikp belajar dan hasil pembelajaran IPS. Adapun perubahan-perubahan yang terjadi itu meliputi : (1) .guru kelas dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan srategi pengajaran kosep IPS,(2). Srategi pembelajaran konsep dapat meningkatkan aktivitas, kraetivitas, dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPS. (3). Minat belajar IPS tinggi, (4). Hasilbelajar IPs Meningkat .

Hasil penelitian tindakan ini, direkomendasikan kepada pihak terkait untuk mengembangkan model pengajaran konsep sebagai salah satu jalan keluar dari persoalan rendahnya mutu dan hasil pembelajaran IPS, khususnaya di sekolah dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar